Cara (Tidak) Mudah Menjadi Musisi Yang Kaya

“Kapan band gue kaya nya kalo dibayar pake nasi goreng aja?”

Kata seorang teman, yang juga drummer metal, pada suatu kesempatan.

Sebagai media/blogger yang kadang bikin acara, saya sadar kalau seringkali uang yang saya miliki untuk menyelenggarakan event seringkali tidak cukup untuk membayar musisi yang tampil.

Maka band/musisi membutuhkan sumber penghasilan dari sumber lain untuk menutupi biaya produksi dan tambahan cuan. Untuk itu sebuah band memerlukan sedikit strategi.

Menurut teman saya Aulia Naratama, jika bicara bisnis maka artikel ini akan berkembang menjadi buku. Maka demi mempersingkat waktu, kita bicarakan ide-ide revenue stream. Untuk soal bisnis bisa klikhttp://www.businessmodelgeneration.com/canvas/bmc lalu ganti kata ‘customer’ dengan ‘fans’.

Singkatnya, ini ada beberapa ide untuk meningkatkan pemasukan unit musik kamu.

Harap diperhatikan sebelumnya, saya tidak akan menulis mengenai ‘musik laku’, tulisan ini akan berbicara mengenai tambahan pemasukkan.. Mari kita fokus di cara mendapatkan uang tambahan, dengan anggapan band kamu cukup bagus kualitasnya ya.

Merchandise.

Ini sudah pasti dan wajib, semua band itu keberadaannya seringkali ditentukan dari merchandise (selain rilisan fisik).

Sebagai anak band, coba lihat berapa jumlah t-shirt band kamu, baik yang kamu beli karena band itu telah mengubah hidup kamu maupun kamu beli karena itu bandnya teman sekolah kamu. Maka artinya akan ada selalu pasar untuk merchandise, selama kamu punya teman.

Kalau band nya masih baru dan belum teruji di kancah, ada baiknya jangan investasi terlalu besar disini. Cukup selusin t-shirt untuk dijual saat kalian manggung tidak dibayar. Tapi kalau secara musik sambutannya bagus baru coba bikin lebih banyak.

Pengalaman sih, asal tidak lagi bokek-bokek amat biasanya pengunjung menginginkan ‘kenang-kenangan’ setelah menyaksikan band yang asoi. Kalau kamu cukup sigap, malah mungkin bisa bikin kaos “tur”.

P.S:

Ingat, kalo tidak ludes di event itu, jangan lalu dibagi-bagi gratis… simpan buat event berikutnya.
Supaya desainnya pasti bagus, ajak desainer merchandise yang portfolionya jelas dan cocok dengan musik. Jangan mentang-mentang dia adik pemain bas dan bisa gambar lalu dimintakan tolong. Cek dulu portfolionya, karena band sebagus apapun kalau gambarnya culun maka tidak akan ada yang beli.

Jual CD.

Cukup sering juga, setelah band yang asoi manggung beberapa pengunjung akan bertanya “Mau beli cd nya dimana nih?”

Kalau belum ada duit buat bikin album yang layak. rekam aja dulu live tapi di mix yang cakep. Atau bikin single dulu/EP.

CDR juga tidak mengapa. Bisa juga dirilis dalam bentuk kaset yang saat ini cukup visible dan relatif murah dan cepat produksinya. Alternatif yang lebih advanced bisa memanfaatkan Bandcamp untuk jualan, dan di venue cukup jual “download code” dalam bentuk Postcard/stiker.

Seorang kenalan, menjual download code dalam bentuk postcard. Postcard tersebut kemudian diberikan cap bibir lalu dikirim via kantor pos. Laku keras di Singapura.

Adakan event sendiri.

Nunggu event yang bayar? Kenapa tidak bikin event sendiri lalu ditiketkan?

Untung-untung sekalian buat ‘ngetes’ dikit apakah ada orang yang mau bayar buat nonton.

Datang ke event yang pernah diadakan lalu cari penanggung jawab venue. Minta informasi yang detil mengenai cara mengadakan event disitu. Coba selenggarakan event mandiri dengan bantuan beberapa teman terdekat mu sebagai panitia.

Sajama Cut menggunakan cara ini di awal era 2000-an dalam acara bernama Travelling Freakshow #1

YouTube.

Kalau kamu pernah nonton YouTube. Biasanya sebelum video suka ada iklan, atau ada banner iklan menghalangi video sisi bawah. Itu karena pemilik video mengizinkan video nya ditempel iklan.

Kamu sebagai musisi yang berbakat bisa mengambil keuntungan dari sini. Walau bagi pemula pasti sedikit perolehannya, tetapi bukan berarti tidak bisa besar. Ingat Justin Bieber memulai karir dari Youtube, begitupun dengan Kufaku. Mau jadi sesukses yang mana? Musik kalian yang menentukan.

Bikin channel YouTube sendiri, lalu mulai posting video-video band kalian latihan dan saat manggung.

contoh:

Sebelum mulai mengunggah video, ada baiknya segera membuat akun Adsense supaya lansung siap mendulang rupiah.

Kreatif.

Coba untuk selalu kreatif dan membuka cakrawala berfikir untuk menemukan ide-ide baru lainnya yang lebih cemerlang.

Sekian dan terima kasih.

1 Comment

  1. “Sebelum mulai mengunggah video, ada baiknya segera membuat akun Adsense supaya lansung siap mendulang rupiah.” Giring Nidji harus dikasih tau kalimat ini koh.

Submit a comment